PROPOSAL
PROGRAM
PENDIDIKAN KETRAMPILAN
BAGI PESERTA DIDIK SD-SMP SATU ATAP
SMP NEGERI SATU ATAP WARUNGTILU
TAHUN 2013
SMP NEGERI SATU ATAP WARUNGTILU
Alamat: Jl.Cigagak Desa BaranangsiangKec.
Cipongkor
Kab. Bandung Barat Kode Pos 40564
Provinsi Jawa Barat
Telp.HP: 087821431731, Email
: smpn20267623@yahoo.com
PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG
BARAT
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP
NEGERI SATU ATAP WARUNGTILU
Jl. Cigagak Desa Baranangsiang Kec.Cipongkor
Kode Pos 65156
BANTUAN SOSIAL KETERAMPILAN
SD – SMP SATAP
PROPOSALPROGRAM
PENDIDIKAN KETRAMPILAN
BAGI SISWA SD-SMP SATU ATAP 2013
Nama
Sekolah : SMP
NEGERI SATU ATAP WARUNGTILU
Jenis
Ketrampilan : TEKNIK GRAFIKA
Nama
Bank : BANK JABAR BANTEN
Nomor
Rekening : 0013799652100
Nama Rekening : SMPN
SATU ATAP WARUNGTILU
Penanggung
Jawab Rekening :
MAMAN ABDURAHMAN &
RUSDAN
|
|
Bandung Barat, 27 Mei 2013
|
Menyetujui
Komite Sekolah
|
|
Pembina
Kepala Sekolah
|
Heri Puryanto
|
|
H. Maman
Abdurahman, S.Pd., M.Si.
NIP.19660604
198703 1 007
|
Anggota :
|
|
|
Wakil Kepala Sekolah
H. Rusdan, S.Pd.I. MM
NIP.19670815 198803 1 007
|
|
Guru Keterampilan
Acep Sumarna, S.Pd.
|
|
|
|
Ketua Tim Pengembang
|
|
|
Ai Lina Herlina, S.Pd.I
|
|
|
|
||
Mengetahui :
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Bandung Barat
Dra. Hj. Agustina
Piryanti, M.M.
NIP 19640830 198503 2 003 |
BAB
I
PENDAHULUAN
Dalam upaya menuntaskan Program
Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun, Pemerintahtelah mengembangkan akses
pendidikan di antaranya dengan model pengembangan sekolah SD-SMP Negeri Satu
Atap yang namanya sekarang SMPN Satu Atap Warungtilu di daerah
terpencil,terisolir dan terpencar-pencar. Salah satunya adalahSMPN Satu Atap
WarungtiluKecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat yang
dibuka 16 Juli 2007 dengan SK Bupati Bandung Barat Nomor : ………………… tanggal …………….. tentang Penetapan
Lembaga SMP Negeri Satu Atap WarungtiluTahun 2007. Sehingga pada Tahun
Pelajaran 2012/2013 ini merupakan tahun ke-enamdan baru tigakali meluluskan siswa.
Di samping hal tersebut di atas
berikut ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :
- Kondisi
sosial ekonomi siswa/orang tua siswa, pada umumnya tergolong kurang mampu,pekerjaan
siswa sehari-hari membantu orang tua sebagai petani,buruh tani, dan kuli
bangunandengan penghasilan rata-rata berkisar Rp 300.000 ,- s/d Rp
450.000,- perbulan kehidupanmasyarakat pada umumnyaburuh tani dan kuli
bangunan.
- Jumlah
tamatan, prosentase
yang melanjutkan dan angka kelangsungan studi siswa dalam tiga tahun terakhir.
Tahun
|
Jumlah
Tamatan
|
Melanjutkan
|
Tak
Melanjutkan
|
||||
Bekerja
|
Menganggur
|
||||||
Jumlah
|
%
|
Jumlah
|
%
|
Jumlah
|
%
|
||
2009/2010
|
38
|
15
|
39.47
|
5
|
13.16
|
18
|
47.37
|
2010/2011
|
40
|
20
|
50.00
|
8
|
20.00
|
12
|
30.00
|
2011/2012
|
47
|
25
|
53.19
|
12
|
25.53
|
10
|
21.28
|
- Jenis
Keterampilan yang dipilih.
a.
Untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dan membekali keterampilan/kecakapan
hidupdipilihjenis keterampilanTeknik
Grafika (sablon dengan berbagai media).
b. Alasan : Mengingat kondisi obyektif daerah Baranangsiang
yang terletak di daerah terpencil jauh dari sarana transportasi ke lembaga
SMA/SMK sehingga minat siswa untuk melanjutkan sangat rendah. Mereka lebih
termotivasi untuk berwirausaha secara mandiri dengan memanfaatkan keterampilan Teknik
Grafika (sablon dengan berbagai media).
c. Tujuan : Dalam memilih keterampilan Teknik
Grafika utamanya Teknik Grafika (sablon dengan berbagai media) adalah :
Ø Membekali
siswa tentang kewirausahaan di bidang Teknik Grafika.
Ø Membekali
siswa life skill / kecakapan hidup tentang Teknik Grafika (sablon dengan
berbagai media).
Ø Mencari
peluang pengembangan usaha.
d. Harapan :
Ø Meningkatkan
keterampilan siswa.
Ø Menambah
jiwa kewirausahaan pada siswa.
Ø Menambah
sumber dana bagi sekolah melalui pengembangan produksi Teknik Grafika (sablon
dengan berbagai media).
e. Sasaran : siswa yang direncanakan untuk mengikuti
program pendidikan keterampilanberjumlah 61
orang.
Jenis keterampilan tersebut cocok
untuk siswa putra walaupun untuk
puteri juga sebetulnya bisa.
BAB
II
GAMBARAN UMUM KEADAAN SEKOLAH
A. Nama
dan alamat lengkap sekolah.
1. Nama Sekolah : SMP Negeri Satu Atap
Warungtilu
2. Alamat Lengkap :
Jl.Cigagak Desa BaranangsiangDesaBaranangsiang
Kecamatan
Cipongkor Kabupaten Bandung Barat
ProvinsiJawa
Barat
B. Jumlah siswa pada tahun pelajaran 2012/2013
NO
|
Kelas
|
Jml.Rombel
|
Jumlah
Siswa
|
|
|
L
|
P
|
Total
|
|||
1
|
VII
|
2
|
33
|
42
|
75
|
2
|
VIII
|
2
|
29
|
33
|
62
|
3
|
IX
|
2
|
22
|
33
|
55
|
Jumlah
|
6
|
84
|
108
|
192
|
C. Tenaga Kependidikan
NO
|
Jabatan
|
Merangkap
tugas di SD
|
Ijazah
Terakhir yang dimiliki
|
|||||||||
Ya
|
Tidak
|
SD
|
SMP
|
SLTA
|
PGSLP/
D-1
|
D-2/
A2
|
SM/
D-3/A3
|
S-1/
A4
|
S-2
|
Jumlah
|
||
1
|
Kepala
Sekolah
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
2
|
Wakil
Kepala Sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru
Tetap
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
4
|
GTT/Gr.Kontrak/
Gr.Bantu
|
|
21
|
|
|
1
|
|
|
|
19
|
1
|
21
|
5
|
Pegawai
Tetap
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
6
|
Pegawai
Honorer
|
|
4
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
4
|
Jumlah
|
|
28
|
|
|
1
|
|
4
|
|
22
|
2
|
28
|
D. Sarana/Prasarana Sekolah meliputi :
1.
Gambaran keadaan fisik
sekolah
Ø Gedung : SMP 1 Unit
Ø Luas
tanah : 8000m2
Ø Jumlah
ruang kelas :5
lokal
Ø Ruang
kantor :
1 lokal
Ø Laboratorium :
Belum ada
Ø Perpustakaan :
Belum ada
Ø Ruang
keterampilan : belum ada
Ø Ruang
serba guna : belum ada
Ø WC/KM : 2 ruang (1 tidak berfungsi)
Ø Ruang
olah raga : Belum ada
2.
Sarana SMP Negeri Satu
Atap Warungtilu (kelengkapan semua sarana yang dimiliki)
Ø 5 Ruang Kelas
Ø 1
Ruang Kantor
Ø 1
Rumah Dinas
Ø 2 Ruang WC
E. Kontribusi Stakeholders terhadap pembelajaran
siswa
Ø Memanfaatkan
ruang/fasilitas kelas untuk pembelajaran
Ø Memanfaatkan
sumber dana BOS untuk operasional sekolah
Ø Kegiatan
ekstrakurikuler (Pramuka, Paskibra,
Sepak Bola, Bola Voly, Kegiatan
Kegamaan)
F. Persentase kehadiran siswa di SMP
Negeri Satu Atap Warungtilu
Kehadiran
siswa selama semester I dan II pada tahun pelajaran 2012/2013,
Kelas
|
Jumlah
siswa
|
Tahun
Pelajaran 2012/2013
|
||||
Laki-laki
|
Perempuan
|
Semester
1
|
Semester
2
|
|||
Laki-Laki
|
Perempuan
|
Laki-Laki
|
Perempuan
|
|||
VII
|
33
|
42
|
85%
|
88%
|
87%
|
91%
|
VIII
|
29
|
33
|
87%
|
92%
|
89%
|
94%
|
IX
|
22
|
33
|
93%
|
96%
|
95%
|
97%
|
G. Persentase kehadiran Guru pada saat
belajar mengajar pada Semester I dan
Semester II tahun pelajaran 2011 / 2012.
Guru Mata
Pelajaran
|
Frekuensi
Kehadiran
|
|
Semester I
|
Semester II
|
|
-
Pendidikan Agama
|
98%
|
96%
|
-
PPKn
|
95%
|
93%
|
-
Bahasa Indonesia
|
97%
|
98%
|
-
Matematika
|
85%
|
82%
|
-
IPA
|
87%
|
85%
|
-
IPS
|
88%
|
83%
|
-
Bahasa Inggris
|
90%
|
87%
|
-
Penjaskes
|
85%
|
83%
|
-
Kertangkes
|
87%
|
85%
|
-
Teknologi Informasi Komunikasi
|
91%
|
87%
|
-
Muatan Lokal (Mulok)
|
85%
|
87%
|
H. Persentase siswa putus sekolah kelas VII
dan VIII setiapakhir tahun pelajaran,minimal 2 tahun terakhir.
NO
|
Tahun
2010
/ 2011
|
Tahun
2011
/ 2012
|
||
Kelas
VII (%)
|
Kelas
VIII (%)
|
Kelas
VII (%)
|
Kelas
VIII (%)
|
|
1
|
2%
|
4%
|
-
|
-
|
I.
Jenis
Pendidikan Ketrampilan
Teknik Grafika (sablon dengan berbagai media)
J. Upaya sekolah dalam
mempersatukan siswa SMP Negeri Satu Atap Warungtilu, dengan tujuan agar siswa SMP
Negeri Satu Atap Warungtilu memiliki rasa bangga dan percaya diri antara lain:
Ø Sukses
UN dengan nilai baik
Ø Memiliki
keterampilan yang dapat dikembangkan di masyarakat
Ø Memiliki
ekstrakurikuler (Pramuka, Paskibra,
Sepak Bola, Bola Voly, Kegiatan
Kegamaan)
K. Masalah-masalah
yang dihadapi dalam pembelajaran :
·
Kurangnya sarana dan
prasarana sekolah (gedung, perabot, peraga dan media pembelajaran maupun sarana
prasarana yang lain)
Usaha untuk
mengatasi masalah :
·
Menjalin kerja sama
dengan SD dan SMP Negeri terdekat serta mengangkat GTT untukmngajar diSMP
Negeri Satu Atap Warungtilu, Mata pelajaran UN dipegang oleh guruPNS dari SMP
Negeri terdekat, mata pelajaran selain UN dipegang oleh guru SD NegeriDan GTT
yang latar belakang pendidikan S-1 yang relevan dengan mata pelajaran
yangdiajarkan.
·
Mengusulkan pada
pemerintah secara bertahap untuk melengkapi sarana prasarana
sekolah.
L. Alasan pemilihan SMP Negeri Satu Atap
Warungtilu
Ø Minat
untuk melanjutkan ke SMP sangat rendah, hal tersebut disebabkan karena jarak
dengan SMP yang ada sangat jauh, tidak mampu membiayai sekolah karena sebagian
besar kehidupan masyarakat sebagai peternak, buruh ternak, petani, dan buruh
tani.
Ø Ada
1 lembaga SD terdekat
sebagai pendukung SMP Negeri Satu Atap Warungtilu.
Ø Dengan
adanya SMP Satu Atap memberikan layanan pendidikan di daerah terpencil,
sekaligus mendekatkan jarak tempuh.
K. Supervisi
Frekuensi
supervisi oleh Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah ke masing-masing kelas
dalampembelajaran pada Semester I dan Semester II tahun 2011/2012 dan 2012/2013.Supervisi dilaksanakan
minimal masing-masing kelas 3 kali dalam 1 semester.
BAB III
PROSPEK MENGENAI PENDIDIKAN KETERAMPILAN
A. Faktor-faktor yang mendukung program
ketrampilan.
1.
Faktor-faktor kekuatan,seperti :
Ø Karakteristik
siswanya sebagian besar siswa sejak kecil terbiasa bekerja membantuorang tua.
Ø Motivasi
Guru Keterampilan, kemampuan dalam ketrampilan yang dipilih cukup tinggi.
Ø Dukungan
Kepala sekolahsangat
mendukung
Ø Keadaan
tempat kegiatan keterampilan dilaksanakan di ruang terbuka SMP dan di
lingkungan sekolah, keamanan dan rasa aman mengingat dekat dengan rumah
penduduk,lingkungan sangat mendukung,mudah dijangkau oleh siswa.
Ø Sebagian
sarana keterampilan sudah ada.
Ø Dukungan
masyarakat dan orang tua sangat mendukung.
2. Faktor-faktor
peluang
Ø Tenaga
ahli dari luar sekolah mudah didapat
Ø Pemerintah
desa sangat mendukung adanya kegiatan pengembangan diri di SMPN Satu Atap
Warungtilu
Ø Kemudahan
proses produksi yang tidak membutuhkan waktu yang lama dan dapatdikerjakan di waktu
yang senggang setelah KBM
Ø Kebutuhan
Masyarakat sekitar akan perbengkelan sangat besar
B. Hambatanyang
diperkirakan dihadapi adalah belum adanya tempat khusus produksi serta
perijinannya. Adapun cara yang direncanakan untuk mengatasinya memanfaatkan
gedung serba guna serta mengurus perijinan kepada pihak yang berwenang
mengeluarkan perijinan.
C. Prospek kesinambungan dan perkembangan
program tahun kedua
Ø Rancangan
tahap produksi pada tahun-tahun berikutnya terus dilaksanakan secara terus menerus,
jumlah produksi disesuaikan dengan perbaikan yang ada bila hal ini berkembang
dengan baik tentunya menambah jenis produksi yang lain
Ø Rancangan
penunjukan penampungan hasil produksi bekerja sama dengan dunia usahadalam
pemasaran hasil produksi dengan cara buka praktik sablon di tempat yang strategis.
Ø Rancangan
tabungan siswadidapat dari sisa hasil keuntungan produksi sebesar 20 %
diperuntukkan bagi siswa yang terlibat,semakin besar hasil produksi tentunya
semakin banyak siswa yang terlibat.
Ø Rancangan
tabungan usaha penambahan modal untuk mencapai kembalinya modal sarana tabungan usaha sebesar
35 % dari hasil usaha/keuntungan produksi.
BAB
IV
RENCANA
PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN
A.
Pelaksanaan
1.
Pelaksanaan
Pelatihan Keterampilan
No
|
Materi/Aspek Pendidikan
|
Tujuan/ Kompetensi
|
Tempat
|
Waktu
|
Metode/ Pendekatan
|
Pengajar/ Instruktur
|
Alat
|
Bahan
|
Proporsi (%)
|
|
Teori
|
Praktek
|
|||||||||
1
|
- Mengenal
Peralatan Cetak Saring/Sablon
- Mengenal Bahan - Bahan Cetak Sablon
- Bahanpenghapus Obat Afdruk ( Peka Cahaya )
- Mengenal Tinta Cetak Sablon ( Saring )
|
-
Memilih bahan cetak cetak sablon
-
Memilih pe ralatan cetak sablon
-
Melakukan pengafdrukan untuk
mendapatkan acuan cetak
-
Melakukan pengembangan untuk
membangkitkan acuan ce
-
Melakukan pentusiran hasil
pengafdrukan
-
Melakukan pencetakan pada berbagai
jenis bahan
-
Melakukan perawat an peralatan dan bahan cetak
sablon.
|
SMP Satap War-ungtilu
|
|
Materi dan Praktek
|
H. Rusdan
|
- Screen
T180 dan T60
- Rakel
- Central
coater
- Bantalan
pengalas
- Kaca
bening ± 5 mm
- Meja
kontakdan meja gambar
- Kipas
angin
- Hair
Dryer.
|
-
Film, Gelatine bichromate,
-
Soda api
-
Screen lack
-
Kain tetoron biru.
|
50%
|
50%
|
2
|
-
Mengenal Teknik cetak kain
-
|
-
Mempersiapkan screen dan alat untuk
pencetakan satu warna
-
Memasang screen pada catok meja sablon
dengan posisi yang tepat
-
dan benar
-
Mempersiapkan bahan cetak sesuai
kebutuhan
-
Mencampur tinta dengan keenceraran
yang distandarkan.
-
Melakukan cetak coba pada meja cetak
untu menentukan anleg
-
Melakukan pencetakan pada benda cetak
sesuai perintah
-
kerja/order.
-
Merawat peralatan dan bahan yang masih
tersisa dengan baik dan
-
benar.
-
Menempatkan kembali peralatan dan
bahan pada tempat yang
-
benar.
|
SMP Satap War-ungtilu
|
|
Materi dan Praktek
|
Acep Sumarna
|
-
rakel basis air 20 cm
-
screen basis air T 60 ukuran 30 X 40
Cm
-
meja sablon
-
triplek ukuran 50 X 60 Cm
-
Spidol permanent warna hitam
-
penggaris besi.
|
- tinta
pasta sandy super colour
- lack
ban coklat
- lem
sticker
- kain
tetoron
|
50%
|
50%
|
3
|
Mengenal
pencetakan warna masukkan
|
-
Membuat model cetakan warna masukkan.
-
Melakukan pengafdrukan untuk model
warna masukkan.
-
Melakukan pengembangan untuk
menimbulkan gambar.
-
Membuat anleg dengan tepat dan benar.
-
Melakukan pencetakan pertama dan warna
masukkan berikutnya.
-
Merawat peralatan untuk memperpanjang
usia pemakaian.
|
SMP Satap War-ungtilu
|
|
Materi dan Praktek
|
H. Yayat
|
-
screen T 180 Cm.
-
rakel super PVC 25 Cm.
-
penggaris besi 30 Cm.
-
meja cetak.
-
rak jemur.
|
- tinta
HDwarna biru.
- tinta
HDwarna kuning.
- tinta
HDwarna hitam.
- Pengencer
M 4
- selatip
bening lebar 1 Cm.
- lack
ban coklat.
- plastic
PP ukuran 20 X 30 Cm.
- majong/kain
potongan.
|
50%
|
50%
|
|
Mengenal
separasi warna
|
-
Memilih tinta untuk pencetakkan
separasi warna.
-
Melakukan pencampuran tinta untuk
cetak separasi warna.
-
Menggunakan anleg yang tepat dan
benar.
-
Menggunakan screen yang tepat dan
benar.
-
Memilih warna untuk pencetakkan
pertama.
-
Melakukan pencetak separasiwarna
dengan baik.
-
Melakukan penjemuran dengan benar.
|
SMP Satap War-ungtilu
|
|
Materi dan Praktek
|
H. Rusdan
|
-
screen T 200 ukuran 30 X 40 Cm.
-
rakel super PVC 25 C m
-
hair dryer.
-
sentral coater.
-
spryer.penggaris besi 30 Cm.
-
meja cetak.
-
rak jemur.
|
- tinta
proses (cyan, magenta, yellow, dan black)
- Bahan
peka cahaya ulano 133.
- M 3 murni.
- screen
lack.
- majong/kain
bercak.
- Kertas
HVS 100 gram
|
50%
|
50%
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pola
Pengelolaan
( keterlibatan siswa )
No
|
Nama Siswa
|
Kelas
|
Keterangan
|
1.
|
Abdul Kholil
|
7
|
|
2.
|
Angga
|
7
|
|
3.
|
Asep Japar
|
7
|
|
4.
|
Cep Mulyana
|
7
|
|
5.
|
Dadan
|
7
|
|
6.
|
Dani Juniardi
|
7
|
|
7.
|
Diki Rahmat Hidayat
|
7
|
|
8.
|
Diki Saepul Malik
|
7
|
|
9.
|
Firman
|
7
|
|
10.
|
Gilang Kusmanto
|
7
|
|
11.
|
Hafidul Musofi
|
7
|
|
12.
|
Haris
|
7
|
|
13.
|
Hedi Hadiansyah
|
7
|
|
14.
|
Hendra Setiawan
|
7
|
|
15.
|
Heri Irawan
|
7
|
|
16.
|
Irman Suparman
|
7
|
|
17.
|
Jidan Perdian
|
7
|
|
18.
|
Muhammad Andika
|
7
|
|
19.
|
Muhammad Nurjaman
|
7
|
|
20.
|
Muhammad Parhan
|
7
|
|
21.
|
Muhammad Sopian
|
7
|
|
22.
|
Muhammad Taopik
Hidayatulloh
|
7
|
|
23.
|
Nandi Nugraha
|
7
|
|
24.
|
Ramdan Dalis Putra
|
7
|
|
25.
|
Riki Maulana Yusup
|
7
|
|
26.
|
Rusli
|
7
|
|
27.
|
Saepul Kudus
|
7
|
|
28.
|
Samsul Maarip
|
7
|
|
29.
|
Yudiana
|
7
|
|
30.
|
Yus Yunus
|
7
|
|
31.
|
Yusup Zakaria
|
7
|
|
32.
|
Zaenal Mutakin
|
7
|
|
33.
|
Ali Muhammad Yasir
|
8
|
|
34.
|
Ana Supriatna
|
8
|
|
35.
|
Asep Pudin
|
8
|
|
36.
|
Awan Rosadi
|
8
|
|
37.
|
Dadan
|
8
|
|
38.
|
Dede Nurohmat
|
8
|
|
39.
|
Dede Samsu
|
8
|
|
40.
|
Encep Rikaz Parhan
|
8
|
|
41.
|
Evi Nurajijah
|
8
|
|
42.
|
Fajar
|
8
|
|
43.
|
Fian Dwi Kurniawan
|
8
|
|
44.
|
Hediansyah
|
8
|
|
45.
|
Ibnu Dana Saroni
|
8
|
|
46.
|
Ilham Sutiawan
|
8
|
|
47.
|
Irwan Sapei
|
8
|
|
48.
|
Ismail Abdulah
|
8
|
|
49.
|
Isman Sahrudin
|
8
|
|
50.
|
Iwan Ramdan
|
8
|
|
51.
|
Jaja Miharja
|
8
|
|
52.
|
Kakah Ramdan
|
8
|
|
53.
|
Lalan
|
8
|
|
54.
|
Mamat
|
8
|
|
55.
|
Muhamad Viki Saputra
|
8
|
|
56.
|
Nuralim
|
8
|
|
57.
|
Permana Sidik
|
8
|
|
58.
|
Riki Ramdan
|
8
|
|
59.
|
Saepul Kudus
|
8
|
|
60.
|
Usup Irawan
|
8
|
|
61.
|
Zenal Mutaqin
|
8
|
|
3.
Struktur
Organisasi PPK
Ket :
Garis
Koordinasi
Garis Pertanggungjawaban
B.
Alat / Sarana
Keterampilan Yang Diperlukan
No
|
Jenis
Alat
|
Banyaknya
|
Kegunaan
|
Kapan
dan Dimana Dibeli
|
1
|
- Screen
T180 dan T60
- Rakel
- Central
coater
- Bantalan
pengalas
- Kaca
bening ± 5 mm
- Meja
kontakdan meja gambar
- Kipas
angin
- Hair
Dryer.
|
disesuaikan
|
|
Sesuai jadwal
Di toko
|
2
|
-
rakel basis air 20 cm
-
screen basis air T 60 ukuran 30 X 40
Cm
-
meja sablon
-
triplek ukuran 50 X 60 Cm
-
Spidol permanent warna hitam
-
penggaris besi.
|
disesuaikan
|
|
Sesuai jadwal
Di toko
|
3
|
-
screen T 180 Cm.
-
rakel super PVC 25 Cm.
-
penggaris besi 30 Cm.
-
meja cetak.
-
rak jemur.
|
disesuaikan
|
|
Sesuai jadwal
Di toko
|
4
|
-
screen T 200 ukuran 30 X 40 Cm.
-
rakel super PVC 25 C m
-
hair dryer.
-
sentral coater.
-
spryer.penggaris besi 30 Cm.
-
meja cetak.
-
rak jemur.
|
disesuaikan
|
|
Sesuai jadwal
Di toko
|
C.
Bahan
Keterampilan yang Diperlukan
No.
|
Jenis Bahan
|
Banyak
nya
|
Cukup untuk
|
Kapan dan
Dimana
|
berapa siswa
|
Dapat dibeli
|
|||
1
|
- Film,
Gelatine bichromate,
- Soda
api
- Screen
lack
- Kain
tetoron biru.
|
|
||
2
|
-
tinta pasta
sandy super colour
-
lack ban
coklat
-
lem sticker
-
kain tetoron
|
|
||
3
|
-
tinta HDwarna
biru.
-
tinta HDwarna
kuning.
-
tinta HDwarna
hitam.
-
Pengencer M 4
-
selatip bening
lebar 1 Cm.
-
lack ban
coklat.
-
plastic PP
ukuran 20 X 30 Cm.
-
majong/kain
potongan.
|
|
||
4
|
-
tinta proses
(cyan, magenta, yellow, dan black)
-
Bahan peka
cahaya ulano 133.
-
M 3 murni.
-
screen lack.
-
majong/kain
bercak.
-
Kertas HVS
100 gram
|
|
||
Dll.
|
|
D.
Rencana
Pemasaran
Untuk
memasarkan produk yang sudah dibuat, untuk kegiatan pemasaran melibatkan
siswasiswi SMP Negeri Satu Atap Warungtilu di bawah koordinasi bagian pemasaran.
Pemasaran dilakukan
setelah selesai kegiatan
produksi/perbaikan, untuk langkah awal pemasaran dipublikasikan/pemasangan
banner ke wilayah desa Baranangsiang dan sekitarnya.
E.
Jadwal Kegiatan
No
|
Kegiatan
|
Bulan Ke-I
|
Bulan Ke-II
|
Bulan Ke-III
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Penunjukan tempat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pembelian alat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pembelian bahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pelaksanaan pelatihan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pelaksanaan produksi tahap I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Pemasaran produksi tahap I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Evaluasi manajemen produksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dan manajemen keuangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Pelaksanaan produksi tahap II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Pemasaran produksi tahap II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F.
Inovasi
Jenis Keterampilan yang dipilih :
Pendidikan Teknik Grafika
No
|
Pelaksanaan yang selama
|
Inovasi yang akan
|
Nilai tambah yang
|
|
ini dilakukan secara
|
dilakukan di
|
diharapkan dari
|
|
tradisional
|
sekolah
|
inovasi tersebut
|
1
|
Belum Ada
|
Menjadikannya
|
Siswa terampil dalam
|
|
|
sebagai komoditas
|
membuat produk dan
|
|
|
produksi
|
mendapat tambahan
|
|
|
|
penghasilan
|
BAB V
RENCANA ANGGARAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN
1. RAPBS
RAPBS
pada tahun pelajaran 2010/2011 dan 2011/2012 memuat kegiatan program
ketrampilan yangdilaksanakan dengan bantuan “Block-grant” untuk tahun pelajaran
2011/2012 tetap mencantumkanprogram pendidikan ketrampilan bagi siswa negeri
pada SMPN Satu Atap Warungtilu dengan danasubsidi/bantuan pendidikan keterampilan yang diterima
pada tahun pelajaran sebelumnya.
NO
|
Sumber Dana
|
Jumlah Dana
(Rp)
|
T.P
2012 / 2013
|
||
1
|
Komite Sekolah
|
-
|
2
|
BOS
|
137.280.000
|
3
|
Dana Subsidi/Bantuan program
pendidikan ketrampilan bagi siswa SD-SMP Satu Atap
|
-
|
4
|
BOSDA (BOS Provinsi)
|
13.200.000
|
5
|
Lain-lain (BOS Kabupaten)
|
10.560.000
|
2. Rencana Anggaran Belanja
Tabel
1 : Presentase/Proporsi Penggunaan Dana Subsidi/Bantuan
Program
Pendidikan Keterampilan SMP Negeri Satu Atap Diatur Sebagai Berikut:
No
|
Program/Kegiatan
|
Prosentase
|
|
Baru
|
Lanjutan
|
||
A
|
Pengadaan Peralatan (Max 50%)
|
|
|
|
Pengadaan
Peralatan Praktik
|
|
|
B
|
Pelaksanaan Kegiatan (Max 30%)
|
|
|
|
Pengadaan
Bahan Praktik
Pembelian
bahan pelatihan
Pembelian
biaya bahan produksi
(a).
Bahan pokok
(b).
Bahan penunjang
Pendampingan
pelaksanaan program pendidikan keterampilan (honor/transport untuk :guru keterampilan, tenaga ahli, kepala
sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara dan siswa)
|
|
|
C
|
Manajemen (operasional) Max 10%
|
||
|
Pemeliharaan
Peralatan Praktik
|
||
|
Biaya
operasional (rapat, publikasi, ATK, dokumentasi, konsumsi, dan penyusunan
laporan.
|
||
|
Biaya
yang tak terduga yang terkait dengan pelaksanaan subsidi program keterampilan
|
Pelaksanaan
produksi
1. Jenis
keterampilan dan nama barang yang diproduksi :
2. Jumlah
produk : 1 Buah
3. Perhitungan
Biaya Produksi
Monitoring dan Evaluasi
Kegiatan monitoring dan evaluasi dalam
pertanggungjawaban proses dan hasil meliputi :
1.
Monitoring
Monitoring merupakan
kegiatan pemantauan dengan mengamati, menanyakan serta mencatat apa yang
diperolehnya tanpa memberikan penilaian atau saran (seperti memotret apa
adanya)
No
|
Kegiatan/Materi
|
Petugas/Penjab
|
Frekuensi
|
Waktu dan Pelaksanaan
|
Alat
|
Hasil *)
|
1
|
Produksi
|
Manager
|
1
bulan sekali
|
Awal
Kegiatan
|
instrumen
|
|
2
|
Pemasaran
|
Manager
Umum
|
1
bulan sekali
|
Awal,
Pertengahan dan akhir
|
instrumen
|
|
3
|
Pelaporan
|
Pembina/Badan
pengawas
|
1
bulan sekali
|
Akhir
Bulan
|
instrumen
|
|
2.
Evaluasi
Kegiatan pengumpulan
data dan informasi yang tujuannya ingin menilai apakah program sesuai dengan
pelaksanaan, apakah tujuan yang diinginkan sesuai dengan hasilnya, apakah
konsep kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik.Bila ada perbedaan antara
program, tujuan, dan konsep yang dirancang dengan dengan pelaksanaan, berarti
ada masalah yang perlu diselesaikan. Komponen yang perlu dievaluasi antara lain
:
-
Perencanaan kegiatan
-
Pelatihan
-
Proses
Program pendidikan
-
Manajemen Produksi
-
Manajemen
Pemasaran
-
Manajemen keuangan
-
Kesesuaian antara program dengan
pelaksanaan
-
Kesesuaian antara tujuan / kompetensi
yang ingin dicapai dan kenyataan yang dicapai.
Dalam kegiatan monitoring dan evaluasi
kegiatan di masing-masing SMP Negeri pada SMPN Satu Atap Warungtilu yang
melaksanakan Program Pendidikan Keterampilan, Tim Pengembang perlu menyusun
rancangan yang menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, hasil yang diharapkan,
masalah yang dihadapi dan upaya penyelesainnya, siapa yang akan melakukan,
kapan dilakukan, instrument yang digunakan, dengan apa dilakukan, bagaimana
penyusunan laporan hasilnya, dan disampaikan kepada siapa saja.
BAB
VI
PENUTUP
a. Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan diatas maka dapat disimpulkan beberapa point utama mengenai :
1.
Pelaksanaan Program Pendidikan
Keterampilan SMP Negeri pada SMP Negeri Satu Atap Warungtilu sangat tepat untuk
dapatnya direalisasi, mengingat kondisi sosial ekonomi orang tua yang tergolong
rendah sehingga sebagian besar siswa belum dapat melanjutkan sekolah ke jenjang
pendidikan SLTA. Untuk itu Program Pendidikan Keterampilan sangat bermanfaat
untuk membekali siswa tentang kewirausahaan dan kecakapan hidup serta
kemandirian siswa.
2.
Dengan adanya Program Pendidikan
Keterampilan Teknik Grafika di SMPNegeri
Satu Atap Warungtilu tersebut merupakan salah satu program produksi unggulan
bagi sekolah. Dengan demikian sekolah dapat menanamkan jiwa kewirausahaan
terhadap warga sekolah
pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
b. Saran dan Kesimpulan
Dalam
upaya untuk melaksanakan Program Pendidikan Keterampilan tersebut tentunya
dibutuhkan juga ruang keterampilan, mengingat sangat minimnya sarana dan
prasarana di SMP Negeri Satu Atap Warungtilu kami berharap kepada pemerintah
pusat maupun daerah untuk mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana yang
memadai seperti Ruang Kelas, Laboratorium,
Ruang Keterampilan, Ruang Olahraga, Peraga dan Media Pembelajaran lainnya
sehingga SMP Negeri Satu Atap Warungtilu dapat menuntaskan Pendidikan Dasar 9
Tahun yang Bermutu.
|
|
Bandung Barat, 27 Mei 2013
|
|
|
|
Menyetujui
Komite Sekolah
|
|
Pembina
Kepala Sekolah
|
Heri Puryanto
|
|
H. Maman
Abdurahman, S.Pd., M.Si.
NIP.19660604
198703 1 007
|
Anggota :
|
|
|
Wakil Kepala Sekolah
H. Rusdan, S.Pd.I. MM
NIP.19670815 198803 1 007
|
|
Guru Keterampilan
Acep Sumarna, S.Pd.
|
|
|
|
Ketua Tim Pengembang
|
|
|
Ai Lina Herlina, S.Pd.I
|
|
|