Pages

Selasa, 09 Juli 2013

PROGRAM PENDIDIKAN KETRAMPILAN



PROPOSAL
PROGRAM PENDIDIKAN KETRAMPILAN





Text Box: TEKNIK GRAFIKA
SABLON DENGAN BERBAGAI MEDIA
 








BAGI PESERTA DIDIK SD-SMP SATU ATAP
SMP NEGERI SATU ATAP WARUNGTILU
TAHUN 2013

logo satap OK
 






SMP NEGERI SATU ATAP WARUNGTILU
Alamat: Jl.Cigagak Desa BaranangsiangKec. Cipongkor
Kab. Bandung Barat Kode Pos 40564
Provinsi Jawa Barat
Telp.HP: 087821431731, Email : smpn20267623@yahoo.com

PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG BARAT
Banbarlogo satap OKDINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP NEGERI SATU ATAP WARUNGTILU
Jl. Cigagak Desa Baranangsiang Kec.Cipongkor Kode Pos 65156
Telp. (0341) 5420301, Email : smpn20267623@yahoo.com
BANTUAN SOSIAL KETERAMPILAN SD – SMP SATAP

PROPOSALPROGRAM PENDIDIKAN KETRAMPILAN
BAGI SISWA SD-SMP SATU ATAP 2013

Nama Sekolah                         : SMP NEGERI SATU ATAP WARUNGTILU
Jenis Ketrampilan                    : TEKNIK GRAFIKA
Nama Bank                             : BANK JABAR BANTEN
Nomor Rekening                     : 0013799652100
Nama Rekening                      : SMPN SATU ATAP WARUNGTILU
Penanggung Jawab Rekening : MAMAN ABDURAHMAN & RUSDAN



Bandung Barat, 27 Mei 2013
Menyetujui
Komite Sekolah

Pembina
Kepala Sekolah



Heri Puryanto

H. Maman Abdurahman, S.Pd., M.Si.
NIP.19660604 198703 1 007
Anggota :

Wakil Kepala Sekolah



H. Rusdan, S.Pd.I. MM
NIP.19670815 198803 1 007

Guru Keterampilan



Acep Sumarna, S.Pd.



Ketua Tim Pengembang





Ai Lina Herlina, S.Pd.I



Mengetahui :
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Bandung Barat




Dra. Hj. Agustina Piryanti, M.M.
NIP 19640830 198503 2 003


BAB  I
PENDAHULUAN

               Dalam upaya menuntaskan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun, Pemerintahtelah mengembangkan akses pendidikan di antaranya dengan model pengembangan sekolah SD-SMP Negeri Satu Atap yang namanya sekarang SMPN Satu Atap Warungtilu di daerah terpencil,terisolir dan terpencar-pencar. Salah satunya adalahSMPN Satu Atap WarungtiluKecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat yang dibuka 16 Juli 2007 dengan SK Bupati Bandung Barat Nomor : ………………… tanggal …………….. tentang Penetapan Lembaga SMP Negeri Satu Atap WarungtiluTahun 2007. Sehingga pada Tahun Pelajaran 2012/2013  ini merupakan tahun ke-enamdan baru tigakali meluluskan siswa.
               Di samping hal tersebut di atas berikut ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Kondisi sosial ekonomi siswa/orang tua siswa, pada umumnya tergolong kurang mampu,pekerjaan siswa sehari-hari membantu orang tua sebagai petani,buruh tani, dan kuli bangunandengan penghasilan rata-rata berkisar Rp 300.000 ,- s/d Rp 450.000,- perbulan kehidupanmasyarakat pada umumnyaburuh tani dan kuli bangunan.
  2. Jumlah tamatan, prosentase yang melanjutkan dan angka kelangsungan studi siswa dalam tiga tahun terakhir.

Tahun
Jumlah
Tamatan
Melanjutkan
Tak Melanjutkan
Bekerja
Menganggur
Jumlah
%
Jumlah
%
Jumlah
%
2009/2010
38
15
39.47
5
13.16
18
47.37
2010/2011
40
20
50.00
8
20.00
12
30.00
2011/2012
47
25
53.19
12
25.53
10
21.28

  1. Jenis Keterampilan yang dipilih.
a.       Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan membekali keterampilan/kecakapan hidupdipilihjenis keterampilanTeknik Grafika (sablon dengan berbagai media).
b.      Alasan       : Mengingat kondisi obyektif daerah Baranangsiang yang terletak di daerah terpencil jauh dari sarana transportasi ke lembaga SMA/SMK sehingga minat siswa untuk melanjutkan sangat rendah. Mereka lebih termotivasi untuk berwirausaha secara mandiri dengan memanfaatkan keterampilan Teknik Grafika (sablon dengan berbagai media).
c.       Tujuan       : Dalam memilih keterampilan Teknik Grafika utamanya Teknik Grafika (sablon dengan berbagai media) adalah :
Ø  Membekali siswa tentang kewirausahaan di bidang Teknik Grafika.
Ø  Membekali siswa life skill / kecakapan hidup tentang Teknik Grafika (sablon dengan berbagai media).
Ø  Mencari peluang pengembangan usaha.
d.      Harapan     :
Ø  Meningkatkan keterampilan siswa.
Ø  Menambah jiwa kewirausahaan pada siswa.
Ø  Menambah sumber dana bagi sekolah melalui pengembangan produksi Teknik Grafika (sablon dengan berbagai media).
e.       Sasaran      : siswa yang direncanakan untuk mengikuti program pendidikan keterampilanberjumlah 61 orang.
            Jenis keterampilan tersebut cocok untuk siswa putra walaupun untuk puteri juga sebetulnya bisa.








BAB  II
GAMBARAN UMUM KEADAAN SEKOLAH

A.        Nama dan alamat lengkap sekolah.
            1. Nama Sekolah                     : SMP Negeri Satu Atap Warungtilu
            2. Alamat Lengkap                 : Jl.Cigagak Desa BaranangsiangDesaBaranangsiang
Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat
ProvinsiJawa Barat

B.        Jumlah siswa pada tahun pelajaran 2012/2013

NO
Kelas
Jml.Rombel
Jumlah Siswa

L
P
Total
1
VII
2
33
42
75
2
VIII
2
29
33
62
3
IX
2
22
33
55
Jumlah
6
84
108
192

C.        Tenaga Kependidikan

NO
Jabatan
Merangkap tugas di SD
Ijazah Terakhir yang dimiliki
Ya
Tidak
SD
SMP
SLTA
PGSLP/
D-1
D-2/
A2
SM/
D-3/A3
S-1/
A4
S-2
Jumlah
1
Kepala Sekolah

1







1
1
2
Wakil Kepala Sekolah











3
Guru Tetap

1






1

1
4
GTT/Gr.Kontrak/
Gr.Bantu

21


1



19
1
21
5
Pegawai Tetap

1






1

1
6
Pegawai Honorer

4




4



4
Jumlah

28


1

4

22
2
28

D.        Sarana/Prasarana Sekolah meliputi :
1.      Gambaran keadaan fisik sekolah
Ø  Gedung                                   : SMP 1 Unit
Ø  Luas tanah                               : 8000m2
Ø  Jumlah ruang kelas                  :5 lokal
Ø  Ruang kantor                          : 1 lokal
Ø  Laboratorium                          : Belum ada
Ø  Perpustakaan                           : Belum ada
Ø  Ruang keterampilan                : belum ada
Ø  Ruang serba guna                    : belum ada
Ø  WC/KM                                  : 2 ruang (1 tidak berfungsi)
Ø  Ruang olah raga                      : Belum ada

2.      Sarana SMP Negeri Satu Atap Warungtilu (kelengkapan semua sarana yang dimiliki)
Ø  5 Ruang Kelas
Ø  1 Ruang Kantor
Ø  1 Rumah Dinas
Ø  2 Ruang WC

E.        Kontribusi Stakeholders terhadap pembelajaran siswa
Ø  Memanfaatkan ruang/fasilitas kelas untuk pembelajaran
Ø  Memanfaatkan sumber dana BOS untuk operasional sekolah
Ø  Kegiatan ekstrakurikuler (Pramuka, Paskibra, Sepak Bola, Bola Voly, Kegiatan Kegamaan)

F.         Persentase kehadiran siswa di SMP Negeri Satu Atap Warungtilu
Kehadiran siswa selama semester I dan II pada tahun pelajaran 2012/2013,

Kelas
Jumlah siswa
Tahun Pelajaran 2012/2013
Laki-laki
Perempuan
Semester 1
Semester 2
Laki-Laki
Perempuan
Laki-Laki
Perempuan
VII
33
42
85%
88%
87%
91%
VIII
29
33
87%
92%
89%
94%
IX
22
33
93%
96%
95%
97%
                       
G.        Persentase kehadiran Guru pada saat belajar mengajar pada Semester I dan
Semester II tahun pelajaran 2011 / 2012.
Guru Mata Pelajaran
Frekuensi Kehadiran
Semester I
Semester II
-          Pendidikan Agama
98%
96%
-          PPKn
95%
93%
-          Bahasa Indonesia
97%
98%
-          Matematika
85%
82%
-          IPA
87%
85%
-          IPS
88%
83%
-          Bahasa Inggris
90%
87%
-          Penjaskes
85%
83%
-          Kertangkes
87%
85%
-          Teknologi Informasi Komunikasi
91%
87%
-          Muatan Lokal (Mulok)
85%
87%

H.        Persentase siswa putus sekolah kelas VII dan VIII setiapakhir tahun pelajaran,minimal 2 tahun terakhir.
NO
Tahun 2010 / 2011
Tahun 2011 / 2012
Kelas VII (%)
Kelas VIII (%)
Kelas VII (%)
Kelas VIII (%)
1
2%
4%
-
-

I.                               Jenis Pendidikan Ketrampilan
Teknik Grafika (sablon dengan berbagai media)
J.         Upaya sekolah dalam mempersatukan siswa SMP Negeri Satu Atap Warungtilu, dengan tujuan agar siswa SMP Negeri Satu Atap Warungtilu memiliki rasa bangga dan percaya diri antara lain:
Ø  Sukses UN dengan nilai baik
Ø  Memiliki keterampilan yang dapat dikembangkan di masyarakat
Ø  Memiliki ekstrakurikuler (Pramuka, Paskibra, Sepak Bola, Bola Voly, Kegiatan Kegamaan)
K.        Masalah-masalah yang dihadapi dalam pembelajaran :
·         Kurangnya sarana dan prasarana sekolah (gedung, perabot, peraga dan media pembelajaran maupun sarana prasarana yang lain)
Usaha untuk mengatasi masalah :
·         Menjalin kerja sama dengan SD dan SMP Negeri terdekat serta mengangkat GTT untukmngajar diSMP Negeri Satu Atap Warungtilu, Mata pelajaran UN dipegang oleh guruPNS dari SMP Negeri terdekat, mata pelajaran selain UN dipegang oleh guru SD NegeriDan GTT yang latar belakang pendidikan S-1 yang relevan dengan mata pelajaran yangdiajarkan.
·         Mengusulkan pada pemerintah secara bertahap untuk melengkapi sarana prasarana
sekolah.
L.        Alasan pemilihan SMP Negeri Satu Atap Warungtilu
Ø  Minat untuk melanjutkan ke SMP sangat rendah, hal tersebut disebabkan karena jarak dengan SMP yang ada sangat jauh, tidak mampu membiayai sekolah karena sebagian besar kehidupan masyarakat sebagai peternak, buruh ternak, petani, dan buruh tani.
Ø  Ada 1 lembaga SD terdekat sebagai pendukung SMP Negeri Satu Atap Warungtilu.
Ø  Dengan adanya SMP Satu Atap memberikan layanan pendidikan di daerah terpencil, sekaligus mendekatkan jarak tempuh.

K.        Supervisi
Frekuensi supervisi oleh Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah ke masing-masing kelas dalampembelajaran pada Semester I dan Semester II tahun 2011/2012 dan 2012/2013.Supervisi dilaksanakan minimal masing-masing kelas 3 kali dalam 1 semester.


BAB III
PROSPEK MENGENAI PENDIDIKAN KETERAMPILAN

A.     Faktor-faktor yang mendukung program ketrampilan.
        1.   Faktor-faktor kekuatan,seperti :
Ø  Karakteristik siswanya sebagian besar siswa sejak kecil terbiasa bekerja membantuorang tua.
Ø  Motivasi Guru Keterampilan, kemampuan dalam ketrampilan yang dipilih cukup tinggi.
Ø  Dukungan Kepala sekolahsangat mendukung
Ø  Keadaan tempat kegiatan keterampilan dilaksanakan di ruang terbuka SMP dan di lingkungan sekolah, keamanan dan rasa aman mengingat dekat dengan rumah penduduk,lingkungan sangat mendukung,mudah dijangkau oleh siswa.
Ø  Sebagian sarana keterampilan sudah ada.
Ø  Dukungan masyarakat dan orang tua sangat mendukung.

2.      Faktor-faktor peluang
Ø  Tenaga ahli dari luar sekolah mudah didapat
Ø  Pemerintah desa sangat mendukung adanya kegiatan pengembangan diri di SMPN Satu Atap Warungtilu
Ø  Kemudahan proses produksi yang tidak membutuhkan waktu yang lama dan dapatdikerjakan di waktu yang senggang setelah KBM
Ø  Kebutuhan Masyarakat sekitar akan perbengkelan sangat besar

B.        Hambatanyang diperkirakan dihadapi adalah belum adanya tempat khusus produksi serta perijinannya. Adapun cara yang direncanakan untuk mengatasinya memanfaatkan gedung serba guna serta mengurus perijinan kepada pihak yang berwenang mengeluarkan perijinan.

C.        Prospek kesinambungan dan perkembangan program tahun kedua
Ø  Rancangan tahap produksi pada tahun-tahun berikutnya terus dilaksanakan secara terus menerus, jumlah produksi disesuaikan dengan perbaikan yang ada bila hal ini berkembang dengan baik tentunya menambah jenis produksi yang lain
Ø  Rancangan penunjukan penampungan hasil produksi bekerja sama dengan dunia usahadalam pemasaran hasil produksi dengan cara buka praktik sablon di tempat yang strategis.
Ø  Rancangan tabungan siswadidapat dari sisa hasil keuntungan produksi sebesar 20 % diperuntukkan bagi siswa yang terlibat,semakin besar hasil produksi tentunya semakin banyak siswa yang terlibat.
Ø  Rancangan tabungan usaha penambahan modal untuk mencapai kembalinya modal sarana tabungan usaha sebesar 35 % dari hasil usaha/keuntungan produksi.














BAB IV
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN

A.    Pelaksanaan
1.      Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan
No
Materi/Aspek Pendidikan
Tujuan/ Kompetensi
Tempat
Waktu
Metode/ Pendekatan
Pengajar/ Instruktur
Alat
Bahan
Proporsi (%)
Teori
Praktek
1
-   Mengenal Peralatan Cetak Saring/Sablon
-   Mengenal Bahan - Bahan Cetak Sablon
-   Bahanpenghapus Obat Afdruk ( Peka Cahaya )
-   Mengenal Tinta Cetak Sablon ( Saring )
-   Memilih  bahan cetak cetak sablon
-   Memilih pe ralatan cetak sablon
-   Melakukan pengafdrukan untuk mendapatkan acuan cetak
-   Melakukan pengembangan untuk membangkitkan acuan ce
-   Melakukan pentusiran hasil pengafdrukan
-   Melakukan pencetakan pada berbagai jenis bahan
-   Melakukan  perawat an peralatan dan bahan cetak sablon.
SMP Satap War-ungtilu

Materi dan Praktek
H. Rusdan
-  Screen T180 dan T60
-  Rakel
-  Central coater
-  Bantalan pengalas
-  Kaca bening ± 5 mm
-  Meja kontakdan meja gambar
-  Kipas angin
-  Hair Dryer.
-    Film, Gelatine bichromate,
-    Soda api
-    Screen lack
-    Kain tetoron biru.
50%
50%
2
-    Mengenal Teknik cetak kain
-     
-    Mempersiapkan screen dan alat untuk pencetakan satu warna
-    Memasang screen pada catok meja sablon dengan posisi yang tepat
-    dan benar
-    Mempersiapkan bahan cetak sesuai kebutuhan
-    Mencampur tinta dengan keenceraran yang distandarkan.
-    Melakukan cetak coba pada meja cetak untu menentukan anleg
-    Melakukan pencetakan pada benda cetak sesuai perintah
-    kerja/order.
-    Merawat peralatan dan bahan yang masih tersisa dengan baik dan
-    benar.
-    Menempatkan kembali peralatan dan bahan pada tempat yang
-    benar.
SMP Satap War-ungtilu

Materi dan Praktek
Acep Sumarna
-   rakel basis air 20 cm
-   screen basis air T 60 ukuran 30 X 40 Cm
-   meja sablon
-   triplek ukuran 50 X 60 Cm
-   Spidol permanent warna hitam
-   penggaris besi.
-  tinta pasta sandy super colour
-  lack ban coklat
-  lem sticker
-  kain tetoron
50%
50%
3
Mengenal pencetakan warna masukkan
-     Membuat model cetakan warna masukkan.
-     Melakukan pengafdrukan untuk model warna masukkan.
-     Melakukan pengembangan untuk menimbulkan gambar.
-     Membuat anleg dengan tepat dan benar.
-     Melakukan pencetakan pertama dan warna masukkan berikutnya.
-     Merawat peralatan untuk memperpanjang usia pemakaian.
SMP Satap War-ungtilu

Materi dan Praktek
H. Yayat
-   screen T 180 Cm.
-   rakel super PVC 25 Cm.
-   penggaris besi 30 Cm.
-   meja cetak.
-   rak jemur. 
-  tinta HDwarna biru.
-  tinta HDwarna kuning.
-  tinta HDwarna hitam.
-  Pengencer M 4
-  selatip bening lebar 1 Cm.
-  lack ban coklat.
-  plastic PP ukuran 20 X 30 Cm.
-  majong/kain potongan.
50%
50%

Mengenal separasi warna
-   Memilih tinta untuk pencetakkan separasi warna.
-   Melakukan pencampuran tinta untuk cetak separasi warna.
-   Menggunakan anleg yang tepat dan benar.
-   Menggunakan screen yang tepat dan benar.
-   Memilih warna untuk pencetakkan pertama.
-   Melakukan pencetak separasiwarna dengan baik.
-   Melakukan penjemuran dengan benar.
SMP Satap War-ungtilu

Materi dan Praktek
H. Rusdan
-   screen T 200 ukuran 30 X 40 Cm.
-    rakel super PVC 25 C m
-    hair dryer.
-    sentral coater.
-    spryer.penggaris besi 30 Cm.
-   meja cetak.
-   rak jemur.
-  tinta proses (cyan, magenta, yellow, dan black)
-  Bahan peka cahaya ulano 133.
-  M 3 murni.
-  screen lack.
-  majong/kain bercak.
-  Kertas HVS 100 gram

50%
50%

Dst.









2.      Pola Pengelolaan ( keterlibatan siswa )
No
Nama Siswa
Kelas
Keterangan
1.       
Abdul Kholil
7

2.       
Angga
7

3.       
Asep Japar
7

4.       
Cep Mulyana
7

5.       
Dadan
7

6.       
Dani Juniardi
7

7.       
Diki Rahmat Hidayat
7

8.       
Diki Saepul Malik
7

9.       
Firman
7

10.   
Gilang Kusmanto
7

11.   
Hafidul Musofi
7

12.   
Haris
7

13.   
Hedi Hadiansyah
7

14.   
Hendra Setiawan
7

15.   
Heri Irawan
7

16.   
Irman Suparman
7

17.   
Jidan Perdian
7

18.   
Muhammad Andika
7

19.   
Muhammad Nurjaman
7

20.   
Muhammad Parhan
7

21.   
Muhammad Sopian
7

22.   
Muhammad Taopik Hidayatulloh
7

23.   
Nandi Nugraha
7

24.   
Ramdan Dalis Putra
7

25.   
Riki Maulana Yusup
7

26.   
Rusli
7

27.   
Saepul Kudus
7

28.   
Samsul Maarip
7

29.   
Yudiana
7

30.   
Yus Yunus
7

31.   
Yusup Zakaria
7

32.   
Zaenal Mutakin
7

33.   
Ali Muhammad Yasir
8

34.   
Ana Supriatna
8

35.   
Asep Pudin
8

36.   
Awan Rosadi
8

37.   
Dadan
8

38.   
Dede Nurohmat
8

39.   
Dede Samsu
8

40.   
Encep Rikaz Parhan
8

41.   
Evi Nurajijah
8

42.   
Fajar
8

43.   
Fian Dwi Kurniawan
8

44.   
Hediansyah
8

45.   
Ibnu Dana Saroni
8

46.   
Ilham Sutiawan
8

47.   
Irwan Sapei
8

48.   
Ismail Abdulah
8

49.   
Isman Sahrudin
8

50.   
Iwan Ramdan
8

51.   
Jaja Miharja
8

52.   
Kakah Ramdan
8

53.   
Lalan
8

54.   
Mamat
8

55.   
Muhamad Viki Saputra
8

56.   
Nuralim
8

57.   
Permana Sidik
8

58.   
Riki Ramdan
8

59.   
Saepul Kudus
8

60.   
Usup Irawan
8

61.   
Zenal Mutaqin
8


3.      Struktur Organisasi PPK
Rounded Rectangle: PESERTA / ANGGOTA PPKOrganization Chart

Ket :
                         Garis Koordinasi
                          Garis Pertanggungjawaban


B.     Alat / Sarana Keterampilan Yang Diperlukan
No
Jenis Alat
Banyaknya
Kegunaan
Kapan dan Dimana Dibeli
1
-  Screen T180 dan T60
-  Rakel
-  Central coater
-  Bantalan pengalas
-  Kaca bening ± 5 mm
-  Meja kontakdan meja gambar
-  Kipas angin
-  Hair Dryer.
disesuaikan

Sesuai jadwal
Di toko
2
-   rakel basis air 20 cm
-   screen basis air T 60 ukuran 30 X 40 Cm
-   meja sablon
-   triplek ukuran 50 X 60 Cm
-   Spidol permanent warna hitam
-   penggaris besi.
disesuaikan

Sesuai jadwal
Di toko
3
-   screen T 180 Cm.
-   rakel super PVC 25 Cm.
-   penggaris besi 30 Cm.
-   meja cetak.
-   rak jemur. 
disesuaikan

Sesuai jadwal
Di toko
4
-   screen T 200 ukuran 30 X 40 Cm.
-    rakel super PVC 25 C m
-    hair dryer.
-    sentral coater.
-    spryer.penggaris besi 30 Cm.
-   meja cetak.
-   rak jemur.
disesuaikan

Sesuai jadwal
Di toko

C.    Bahan Keterampilan yang Diperlukan
No.
Jenis Bahan
Banyak
nya
Cukup untuk
Kapan dan Dimana
berapa siswa
Dapat dibeli
1
-    Film, Gelatine bichromate,
-    Soda api
-    Screen lack
-    Kain tetoron biru.

2
-  tinta pasta sandy super colour
-  lack ban coklat
-  lem sticker
-  kain tetoron

3
-  tinta HDwarna biru.
-  tinta HDwarna kuning.
-  tinta HDwarna hitam.
-  Pengencer M 4
-  selatip bening lebar 1 Cm.
-  lack ban coklat.
-  plastic PP ukuran 20 X 30 Cm.
-  majong/kain potongan.

4
-  tinta proses (cyan, magenta, yellow, dan black)
-  Bahan peka cahaya ulano 133.
-  M 3 murni.
-  screen lack.
-  majong/kain bercak.
-  Kertas HVS 100 gram

Dll.


D.    Rencana Pemasaran

            Untuk memasarkan produk yang sudah dibuat, untuk kegiatan pemasaran melibatkan siswasiswi SMP Negeri Satu Atap Warungtilu di bawah koordinasi bagian pemasaran.
            Pemasaran dilakukan setelah selesai kegiatan produksi/perbaikan, untuk langkah awal pemasaran dipublikasikan/pemasangan banner ke wilayah desa Baranangsiang dan sekitarnya.


E.     Jadwal Kegiatan
No
Kegiatan
Bulan Ke-I
Bulan Ke-II
Bulan Ke-III
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
Penunjukan tempat















keterampilan















2
Pembelian alat















3
Pembelian bahan















4
Pelaksanaan pelatihan















5
Pelaksanaan produksi tahap I















6
Pemasaran produksi  tahap I















7
Evaluasi manajemen produksi















dan manajemen keuangan















8
Pelaksanaan produksi tahap II















9
Pemasaran produksi  tahap II

















F.     Inovasi
            Jenis Keterampilan yang dipilih : Pendidikan Teknik Grafika
No
Pelaksanaan yang selama
Inovasi yang akan
Nilai tambah yang

ini dilakukan secara
dilakukan di
diharapkan dari

tradisional
sekolah
inovasi tersebut
1
Belum Ada
Menjadikannya
Siswa terampil dalam


sebagai komoditas
membuat produk dan


produksi
mendapat tambahan



penghasilan


BAB V
RENCANA ANGGARAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN

1.  RAPBS
RAPBS pada tahun pelajaran 2010/2011 dan 2011/2012 memuat kegiatan program ketrampilan yangdilaksanakan dengan bantuan “Block-grant” untuk tahun pelajaran 2011/2012 tetap mencantumkanprogram pendidikan ketrampilan bagi siswa negeri pada SMPN Satu Atap Warungtilu dengan danasubsidi/bantuan pendidikan keterampilan yang diterima pada tahun pelajaran sebelumnya.

NO

Sumber Dana
Jumlah Dana (Rp)
T.P
2012 / 2013
1
Komite Sekolah
-
2
BOS
137.280.000
3
Dana Subsidi/Bantuan program pendidikan ketrampilan bagi siswa SD-SMP Satu Atap
-
4
BOSDA (BOS Provinsi)
13.200.000
5
Lain-lain (BOS Kabupaten)
10.560.000

2.   Rencana Anggaran Belanja
Tabel 1 : Presentase/Proporsi Penggunaan Dana Subsidi/Bantuan
Program Pendidikan Keterampilan SMP Negeri Satu Atap Diatur Sebagai Berikut:
No
Program/Kegiatan
Prosentase
Baru
Lanjutan
A
Pengadaan Peralatan (Max 50%)



Pengadaan Peralatan Praktik


B
Pelaksanaan Kegiatan (Max 30%)



Pengadaan Bahan Praktik
Pembelian bahan pelatihan
Pembelian biaya bahan produksi
(a). Bahan pokok
(b). Bahan penunjang
Pendampingan pelaksanaan program pendidikan keterampilan (honor/transport untuk  :guru keterampilan, tenaga ahli, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara dan siswa)


C
Manajemen (operasional) Max 10%

Pemeliharaan Peralatan Praktik

Biaya operasional (rapat, publikasi, ATK, dokumentasi, konsumsi, dan penyusunan laporan.

Biaya yang tak terduga yang terkait dengan pelaksanaan subsidi program keterampilan



Pelaksanaan produksi
1.      Jenis keterampilan dan nama barang yang diproduksi :
2.      Jumlah produk : 1 Buah
3.      Perhitungan Biaya Produksi

Monitoring dan Evaluasi
Kegiatan monitoring dan evaluasi dalam pertanggungjawaban proses dan hasil meliputi :

1.        Monitoring
Monitoring merupakan kegiatan pemantauan dengan mengamati, menanyakan serta mencatat apa yang diperolehnya tanpa memberikan penilaian atau saran (seperti memotret apa adanya)
No
Kegiatan/Materi
Petugas/Penjab
Frekuensi
Waktu dan Pelaksanaan
Alat
Hasil *)
1
Produksi
Manager
1 bulan sekali
Awal Kegiatan
instrumen

2
Pemasaran
Manager Umum
1 bulan sekali
Awal, Pertengahan dan akhir
instrumen

3
Pelaporan
Pembina/Badan pengawas
1 bulan sekali
Akhir Bulan
instrumen


2.      Evaluasi
Kegiatan pengumpulan data dan informasi yang tujuannya ingin menilai apakah program sesuai dengan pelaksanaan, apakah tujuan yang diinginkan sesuai dengan hasilnya, apakah konsep kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik.Bila ada perbedaan antara program, tujuan, dan konsep yang dirancang dengan dengan pelaksanaan, berarti ada masalah yang perlu diselesaikan. Komponen yang perlu dievaluasi antara lain :
-          Perencanaan kegiatan
-          Pelatihan
-          Proses Program pendidikan
-          Manajemen Produksi
-          Manajemen Pemasaran
-          Manajemen keuangan
-          Kesesuaian antara program dengan pelaksanaan
-          Kesesuaian antara tujuan / kompetensi yang ingin dicapai dan kenyataan yang dicapai.
Dalam kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan di masing-masing SMP Negeri pada SMPN Satu Atap Warungtilu yang melaksanakan Program Pendidikan Keterampilan, Tim Pengembang perlu menyusun rancangan yang menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, hasil yang diharapkan, masalah yang dihadapi dan upaya penyelesainnya, siapa yang akan melakukan, kapan dilakukan, instrument yang digunakan, dengan apa dilakukan, bagaimana penyusunan laporan hasilnya, dan disampaikan kepada siapa saja.


BAB VI
PENUTUP

a.      Kesimpulan

            Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan beberapa point utama mengenai :

1.         Pelaksanaan Program Pendidikan Keterampilan SMP Negeri pada SMP Negeri Satu Atap Warungtilu sangat tepat untuk dapatnya direalisasi, mengingat kondisi sosial ekonomi orang tua yang tergolong rendah sehingga sebagian besar siswa belum dapat melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan SLTA. Untuk itu Program Pendidikan Keterampilan sangat bermanfaat untuk membekali siswa tentang kewirausahaan dan kecakapan hidup serta kemandirian siswa.
2.         Dengan adanya Program Pendidikan Keterampilan Teknik Grafika di SMPNegeri Satu Atap Warungtilu tersebut merupakan salah satu program produksi unggulan bagi sekolah. Dengan demikian sekolah dapat menanamkan jiwa kewirausahaan terhadap warga sekolah pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

b.      Saran dan Kesimpulan
            Dalam upaya untuk melaksanakan Program Pendidikan Keterampilan tersebut tentunya dibutuhkan juga ruang keterampilan, mengingat sangat minimnya sarana dan prasarana di SMP Negeri Satu Atap Warungtilu kami berharap kepada pemerintah pusat maupun daerah untuk mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana yang memadai seperti Ruang Kelas, Laboratorium, Ruang Keterampilan, Ruang Olahraga, Peraga dan Media Pembelajaran lainnya sehingga SMP Negeri Satu Atap Warungtilu dapat menuntaskan Pendidikan Dasar 9 Tahun yang Bermutu.








Bandung Barat, 27 Mei 2013



Menyetujui
Komite Sekolah

Pembina
Kepala Sekolah




Heri Puryanto

H. Maman Abdurahman, S.Pd., M.Si.
NIP.19660604 198703 1 007
Anggota :


Wakil Kepala Sekolah




H. Rusdan, S.Pd.I. MM
NIP.19670815 198803 1 007
Guru Keterampilan




Acep Sumarna, S.Pd.



Ketua Tim Pengembang






Ai Lina Herlina, S.Pd.I